Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya Selamat pagi shobat. Pada postingan kali ini pen...

Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya

Senin, Januari 25, 2016 Admin 1 Comments

Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya

Selamat pagi shobat. Pada postingan kali ini penulis ingin berbagi sedikit tips tentang bagaimana caranya melamar kerja dengan biaya yang lebih murah. Bagi mereka yang punya cukup uang hal ini mungkin bukan merupakan suatu masalah, tetapi bagi shobat yang baru lulus sekolah atau kuliah dan masih belum berpenghasilan, melamar kerja bisa jadi beban tersendiri dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan, untuk satu kali melamar kerja shobat harus mengeluarkan biaya pembelian amplop, prin surat lamaran, CV, pas foto, foto copy identitas, fotocopy piagam (bila diperlukan) dan mungkin beberapa berkas lainnya, belum lagi biaya trasportasi atau biaya pengiriman (ex : PO*, J*E, T*KI dll). Shobat bisa ngira-ngira sendiri berapa total biaya yang harus dikeluarkan, itu kalau satu perusahaan yang dilamar, bagaimana kalau 2, 3, 4 dan seterusnya ? kalau masih ada cara yang lebih hemat, ada baiknya kalau shobat mencoba cara tersebut sehingga uangnya bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, saat ini tidak sedikit perusahaan yang menerapkan system rekrutmen dengan memafaatkan media internet, beberapa diantaranya dengan e-mail, situs web penyedia lowongan kerja, website resmi perusahaan dan lain sebagainya. Nah, dari situ shobat dapat memanfaatkan peluang tersebut. Untuk penjelasa yang lebih spesifik, penulis akan membahas pada bahasan berikutnya.

1. Cara Melamar Kerja Via e-mail.

Berikut e-mail yang dapat shobat manfaatkan :

  1. Gmail mail.google.com
  2. Yahoo!Mail mail.yahoo.com
  3. Outlook.com / MSN/ Hotmail www.outlook.com
  4. AOL Mail / AIMMail mail.aol.com
  5. Mail.com www.mail.com
  6. GMX.Mail www.gmx.com
  7. Nokia Mail https://www.nokiamail.com
  8. iCloud www.icloud.com 
  9. INBOX.COM www.inbox.com
  10. Zoho Mail www.zoho.com/mail. 
  11. FastMail https://www.fastmail.fm
  12. Opera Mail 
  13. TelkomNet Mail mail.telkom.net
  14. Plasa.Com www.plasa.com
Kalau shobat sudah memiliki email langkah selanjutnya adalah menyiapkan berkas - berkas lamaran kerja shobat, untuk berkas lamaran kerja harus menscannya terlebih dahulu, cari aja tempat foto copy terus minta sama penjaga foto copy untuk di scan berkas lamaran yang di perlukan (kalau mau lebih hemat lagi, sobat bias foto menggunakan HP lalu edit dengan menggunakan photoeditor), dan untuk mempermudah di kemudian hari jika shobta ingin melamar kerja lewat email, mintalah agar berkas berkas yang sudah di scan di kirimkan ke Micro SD/memory Card, buat kebutuhan nanti lumayan kan ngirit biaya.
Dan di Bawah ini Adalah Berkas Berkas yang harus di Scan Untuk Melamar Kerja Via Email diantara lainnya adalah sebagai berikut:
- Pas foto
- KTP
- NPWP

- Surat Kuning
- SKCK
- Ijazah
- Transkrip nilai
- KK

(Sebenarnya untuk berkas bias kondisional menyesuaikan dengan persyaratan yang diminta).

Jika semua berkas sudah tersedia semua langkah akhir ialah mengirim berkas lamaran kerja melalui email, pertama sahabat transkerja masuk ke website layanan email.

Kali ini penulis coba kasih contoh pakai email yahoo. Pertama buka email yahoo.com kemudian login masukan nama sahabat dan kata sandi di kolom yang sudah di sediakan:
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya

Jika Sudah Masuk Kemudian Klik Tulis Email seperti contoh gambar di bawah ini
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya

Tulis Alamat email perusahaan di mana shobat akan melamar ke perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja via email. kurang lebih contohnya seperti gambar dibawah ini
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya

Jika Dirasa Semua sudah sesuai dengan petunjukselanjutnya kita upload berkas lamaran yang tadi yang sudah di persiapkan, caranya shobat klik gambar yang seperti logo dibawah ini perhatikan pada tanda yang di lingkari warna merah pada gambar dibawah ini:
Cara mengirim lamaran kerja Melalui Email
Nanti akan muncul tab baru dan cari berkas yang tadi di simpan pada komputer, contoh seperti gambar di bawah ini:
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya
Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya

Klik CTR +A atau Tahan Dan klik CTR kemudian klik satu persatu berkas yang akan di kirimkan, kemudian klik Open, lalu tunggu sampai proses pengunggahan file selesai kemudian klik Kirim

Demikian Cara melamar kerja via email. Selanjutnya cara melamar kerja via Akun jobhunter atau akun situs pencarian kerja. Namun dikarenakan pembahannya terlalu panjang jadi penulis akan lanjutkan di artikel berikutnya. Smoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. zaman skrng serba elektronik ,.... lamaran krja pun bisa lewatemail ...wah canggih memang

    BalasHapus