Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja
Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja
![]() |
Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja |
Menjadi
seorang karyawan misalnya bekerja di kantoran merupakan sebuah kebanggaan
tersendiri bagi sebagian orang karena hal ini kita dapat menjadi penghasilan
rutin setiap bulan. Jam atau jadwal kerja yang teratur, jenjang karir,
fasilitas jaminan kesehatan dari perusahaan dan beberapa kelebihan lainnya. Namun di sisi
lain menjadi seorang karyawan juga ada beberapa kekurangannya, diantaranya
yaitu adanya resiko dicut apabila tidak dapat bekerja secara maksimal, peluang
karir yang terbatas, ketidakseimbangan antara kompensasi dengan kontribusi,
diatur oleh waktu, dan kebosanan dalam menjalankan rutinitas setiap hari yang
terkesan monoton serta masih banyak kekurangan lainnya dari menjadi seorang
karyawan. Maka dari itu tidak sedikit yang mencoba untuk mencoba berbisnis
sambil bekerja.
Nah, bagi kita yang menjadi seorang karyawan namun
berkeinginan untuk berbisnis sambil bekerja, berikut penulis share tips dan
cara berbisnis sambil bekrja.
1. Pilihlah Bisnis Yang Tepat
Bagi kita karyawan fulltime, bebisnis sambil bekerja memang akan terasa lebih sulit untuk memulai
sebuah usaha dimana kita harus pintar-pintar dalam membagi waktu. Intensitas
pekerjaan di kantor yang padat menjadi salah satu alasannya. Bahkan apabila kita
paksakan malah justru dapat menjadi bumerang bagi karir kita. Rencana memulai
usaha sambil bekerja, justru malah bisa kehilangan kedua-duanya. Maka dari itu,
pilihan kerja part time atau paruh waktu adalah pertimbangan yang tepat bagi seorang
karyawan.
2. Hindarilah Pemakaian Modal Besar
Berbisnis sambil bekerja, kita dituntut untuk mengelola modal dengan baik dan benar. Salah
dalam pemakaian modal, sementara lika-liku bisnis begitu kompleks, yang kita
dapatkan justru kerugian, hal ini akan sangat disayangkan. Ditambah lagi waktu dalam
pengelolaan bisnis juga terbatas. Maka dari itu, sebaiknya kita memulai bisnis
dengan modal yang tidak terlalu besar adalah keputusan yang tepat.
3. Ketahui Kemampuan Diri
Mengambil keputusan untuk berbisnis sambil bekerja tidak sesulit
saat mempraktekkannya. Maka dari itu bijaklah sebelum benar-benar terjun lansung
dalam dunia bisnis. Ketahui kemampuan diri kita. Sejauh mana kita mampu
membangun bisnis dalam segala pernak-perniknya sambil tetap menjalankan
aktivitas sebagai karyawan. Tentunya kita harus mengetahui bagaimana kemampuan
keuangankita. Setidaknya ada pemasukan rutin tiap bulan yang dapat digunakan
untuk kehidupan sehari-hari. Tidak lupa pula kekuatan modal dan bagaimana cara
mendapatkannya. Apakah dari akumulasi gaji atau dengan pinjaman ke pihak lain.
4. Memahami Kontrak Kerja
Ada baiknya kita membaca ulang MOU kerja di perusahaantempat
kita bekerja. Seberapa ketat kegiatan kantor dan kapan waktu liburnya. Hal ini
bertujuan untuk memastikan kapan sela-sela waktu yang dapat kita gunakan untuk
kegiatan lain, termasuk dalam membangun bisnis sendiri. Selain itu, sebaiknya kita tidak membuat bisnis yang sejenis
dengan pekerjaan utama, karena bisa dianggap kompetitor. Atau bias jadi pada
kesempatan lain, bisnis kita malah diklaim oleh perusahaan tempat kita bekerja.
5. Jaga Reputasi
Walau bagaimanapun kita harus sadar bahwa kita masih memiliki
tugas dan tanggung jawab terhadap perusahaan tempat kita bekerja. Walaupun kita
memiliki bisnis sendiri,di sisi lain kita adalah seorang karyawan yang juga
harus menghormati dan menjalankan tugas kita di kantor. Jangan sampai karena
bisnis pribadi kita, pekerjaan utama malah terabaikan sehingga memberikan kesan
negative terhadap orang-orang dalam lingkungan perushaan. Jadi kita harus tetap
bijak dan tetap menjaga reputasi kita sebagai seorang karyawan namun kita juga
harus tetap memperhatikan bisnis yang kita jalankan.
![]() |
Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja |
6. Disiplin
Berbisnis sambil bekerja, kita harus tetap fokus dan disiplin,
artinya kita harus sabar dan konsisten dalam menjalankan keduanya. Kebanyakan
karyawan yang memiliki bisnis sendiri gagal disebabkan karena tidak dapat membagi
waktu dengan baik. Pada saat sibuk dengan pekerjaan kantor, kia malah namabh kesibukan
dengan bisnis sendiri, Akhirnya keduanya tidak bisa selesai. Oleh karena itu,
kedisiplinan dan kesabaran wajib dinomor satukan bagi kita yang berbisnis
sambil tetap bekerja.
7. Buat Schedule Berkala
Kita dapat membuat sebuah jadwal berkala setiap hari, setiap minggu
dan seterusnya. Sinkronkan antara waktu pekerjaan di kantor dengan waktu untuk
bisnis kita. Hindarilah terjadinya benturan diantara keduanya agar kita dapat
tetap fokus dalam menjalankan keduanya. Kita dapat membuatnya setelah pulang ngakantor,
waktu malam hari, setelah subuh atau sebelum berangkat ke kantor atau juga di
waktu lainnya. Misalnya, kita dapat menggunakan waktu libur atau weekend buat bisnis
kita. Kita dapat mengontrol sekaligus mempersiapkan segala sesuatu yang
dibutuhkan selama satu minggu ke depan.
8. Orang Kepercayaan Untuk Bisnis Kita
Biar berjalan lebih maksimal, stabilitas antara pekerjaan kantor
dan bisnis kita, kita dapat menunjuk seseorang yang dapat kita percaya untuk
mengelola bisnis kita. Misalnya Kita menunjuk saudara atau teman untuk membantu
mengelola bisnis yang kita jalankan, atau juga kita dapat merekrut orang untuk
mengisi posisi dalam bisnis kita. Namun kita juga harus memperhatikan budget
untuk membayar orang yang akan kita rekrut, jangan sampai malah merugikan atau
terjadi ketidak seimbangan.
9. Legalitas Bisnis
Legalitas bisnis sebisa mungkin tetap kita pehatikan. Seperti halnya
pada bisnis umumnya, sebaiknya kita memakai legal bisnis misalnya SIUP demi
kelancaran bisnis dan perlindungan usaha secara hokum, atau setidaknya kita
memiliki surat keterangan usaha yang kita jalankan.
10. Media Pembelajaran
Ketika menjadi karyawan kita dapat mempelajari bagaimana management
bisnis di tempat kita bekerja. Bagaimana cara menjadi seorang bos yang baik dan
bijak, bagaimana cara management karyawan, dan lain sebagainya. Manfaatkan
waktu sebaik-baiknya ketika kita dipertemukan dengan orang-orang sukses atau
kolega perusahaan ternama untuk sekedar sharing pengalaman.
Berbisnis sambil bekerja mungkin memang terkesan
gampang untuk dijalankan, namun kita tidak akan pernah tahu sebelum mencobanya.
Kesuksesan kita adalah hasil dari akumulasi kemauan, konsistensi, semangat, fokus
dan kesabaran. Jadi jangan pernah takut untuk mencoba. Tidak sedikit dari
mereka yang malah bisnis sampingannya menjadi sumber penghasilan utama dengan usaha
dan ketekunannya.
Demikian artikel tips “Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja”. Semoga bermanfaat.
Baca Juga : Tips dan Cara Melamar Kerja Minim Biaya
saya masih mencari kerja sampingan ni
BalasHapus